Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Profile Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Paket Program Pemberdayaan Berbasis Fakultas ditujukan untuk mendampingi masyarakat nagari dan atau komunitas yang ada di nagari. Komunitas dimaksud bisa berupa kelompok masyarakat yang sudah terlembaga dan teroganisir maupun belum. Komunitas dimaksud meliputi :
- Lembaga Pendidikan Non Formal Keagamaan Islam (LPNFKI) seperti Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Kelompok Yasinan, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Nagari, dan sejenisnya.
- Lembaga Ekonomi di tingkat nagari seperti Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa / Nagari (BUMDES/BUMNAG), Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Kelompok Peternak dan semacamnya;
- Lembaga penyelenggara pemerintahan nagari seperti, Pemerintah Nagari, Lembaga Legislatif Nagari (BPN, BPRN, BAMUS dan nama lain untuk lembaga sejenis), Kerapatan Adat Nagari (KAN), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), Lembaga Bundo Kanduang, Tim Penggerak-PKK Nagari dan lain sebagainya.
Dalam pelaksanaan program pendampingan terhadap sasaran, program dikategorisasi menjadi empat bidang sesuai dengan jumlah fakultas yang ada di IAIN Batusangkar saat ini, yakni sebagai berikut:
- Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK) diharapkan berorientasi pada Pengembangan dan Pembinaan Lembaga Pendidikan Non Formal Keagamaan Islam (LPNFKI)
- Fakultas Syari’ah berorientasi pada bidang Pemerintahan Nagari Menuju Perwujudan Pemerintahan Nagari Islami
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berorientasi pada bidang Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Syari’ah
- Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) menangani bidang Pengembangan Literasi dan Penguatan Publikasi Nagari berbasis Tehnologi Informasi
Tujuan Pengabdian ini adalah:
- Mengamalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperoleh dari pembelajaran dan penelitian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam rangka mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan serta pengembangan masyarakat, kehidupan demokratis dan keadilan sosial bagi kehidupan bangsa berbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
- Memperkuat dan meningkatkan kompetensi dosen serta produktivitas pengabdian berbasis riset dan kearifan lokal.
- Meningkatkan kesempatan dosen untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga mitra baik di tingkat lokal, nasional maupun international yang mempunyaiconcern di bidang pemberdayaan masyarakat berbasis riset dan kearifan lokal.
- Melahirkan ilmuwan di kalangan PTKI yang memiliki keahlian otoritatif dan implementatif pada bidang tertentu.
Luaran dari Pengabdian ini adalah:
- Tersedianya dokumen tentang kiprah perguruan tinggi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk perubahan sosial.
- Publikasi kegiatan pembangunan kesadaran masyarakatberbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
- Knowledge sharing hasil-hasil pengabdian berbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
- Jejaring berkelanjutan dengan para pemberdaya masyarakat terkemuka dari universitas/institusi/lembaga riset.
- Menghasilkan luaran yang dapat memberi sumbangan yang berarti untuk mengangkat daya saing Indonesia dalam di tingkat dunia
Prosedur Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Kriteria Umum Pengusulan program bantuan peningkatan mutu pengabdian LPPM IAIN Batusangkar adalah:
A. Pengusul
- Dosen tetap pada IAIN Batusangkar, yang dibuktikan dengan SK terakhir
- Pengusul baik ketua tim maupun anggota tim tidak sedang mendapatkan Beasiswa Diktis dan tidak sedang kuliah dalam masa Tugas Belajar atau Izin Belajar
- Pengusul adalah dosen atau kelompok dosen di program studi/jurusan yang sama atau gabungan dari beberapa program studi/jurusan dalam satu fakultas yang sama
- Pengusul hanya boleh mendaftar satu judul, baik sebagai ketua atau anggota. Pengusul yang kemudian hari ditemukan mendaftar lebih dari satu judul dapat digagalkan dengan ketentuan yang berlaku
- Pengusul tidak sedang memperoleh bantuan pengabdian kepada masyarakat dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun anggaran 2018.
B. Administrasi,
Pengusul melampirkan:
- Surat Keterangan dari pejabat terkait/SK pengangkatan
- Surat Keterangan dari Dekan Fakultas, yang menerangkan Ketua Tim adalah personel yang mempunyai kapabalitas keilmuan, dan background pendidikan yang sesuai terkait bidang kajian yang akan dijadikan sebagai obyek dalam penelitian, ditandatangani oleh Dekan/Ketua Prodi
- Surat Pernyataan Pengusul di atas materai Rp. 6,000; (enam ribu rupiah) yang menyatakan bahwa:
- Proposal belum pernah/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi atau bagian darinya
- Proposal belum pernah/tidak sedang didanai oleh pihak manapun dalam maupun luar negeri
C. Tata Cara Pengusulan
- Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman website www.simlitabmas.iainbatusangkar.ac.id dengan cara login menggunakan User Name dan Password Ketua Kelompok Pengabdian paling lambat tanggal 25 Agustus 2018
- Menyerahkan proposal dengan menyertakan lampiran-lampirannya dalam bentuk hardcopy 2 rangkap.
Usulan Penelitian .... maksimum berjumlah 15 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.
- HALAMAN SAMPUL
- HALAMAN PENGESAHAN
- DAFTAR ISI
- RINGKASAN (maksimum satu halaman)
Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan. - BAB 1. PENDAHULUAN
Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan yang ditargetkan (gejala atau kaidah, metode, teori, atau antisipasi) yang mempunyai kontribusi mendasar pada bidang ilmu dengan penekanan pada gagasan fundamental dan orisinil untuk mendukung pengembangan IPTEKS-SOSBUD. - BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
Kemukakan state of the art dalam bidang yang diteliti, gunakan sumber pustaka acuan primer yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai dalam bentuk peta jalan penelitian secara utuh.. - BAB 3. METODE PENELITIAN
Lengkapi dengan alur penelitian dengan diagram alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan dalam 1 atau 2 tahun dalam bentuk fishbone diagram. Bagan penelitian harus dibuat secara utuh dengan pentahapan yang jelas, mulai dari awal bagaimana proses dan luarannya, dimana akan dilaksanakan, dan indikator capaian yang terukur. - BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN
4.1 Anggaran Biaya
Anggaran biaya yang diajukan disusun secara rinci dan dilampirkan dengan format seperti pada Lampiran 2. Ringkasan anggaran biaya yang diajukan pertahun disusun mengikuti komponen sebagaimana dalam Tabel berikut,
No Jenis Pengeluaran Biaya yang diusulkan (Rp) Tahun I Tahun ... Tahun n 1. Gaji dan upah (Maks. 30%) 2. Bahan habis pakai dan peralatan (30-40%) 3. Perjalanan (15-25%) 4. Lain-lain: publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan (Maks. 15%) Jumlah
4.2 Jadwal Penelitian
Jadwal penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3. - DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka. - LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 2).
- Lampiran 2. Dukungan sarana dan prasarana penelitian menjelaskan fasilitas yang menunjang penelitian, yaitu prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak tersedia, jelaskan bagaimana cara mengatasinya.
- Lampiran 3. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4).
- Lampiran 4. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).
- Lampiran 5. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).
Beberapa aspek penting yang digunakan Tim Reviewer untuk menentukan mutu proposal program pengabdian kepada masyarakat:
1. Isu aktual dan relevan dengan latar belakang keilmuan. Bagian ini memuat tentang fokus pengabdian yang diangkat adalah isu aktual, relevan dengan basis keilmuan, memiliki manfaat nyata bagi masyarakat serta memiliki prospek keberlanjutan (sustainability).
2. Alasan memilih dampingan
Bagian ini memuat tentang alasan memilih dampingan memuat tentang alasan dan argumen yang kuat dalam memilih komunitas mitra pengabdian berdasarkan harapan masyarakat dan memilik pengaruh yang penting bagi masyarakat mitra.
3. Riset Pendahuluan dan Basis Teori
Bagian inimenjelaskan secara nyata kondisi komunitas yang akan didampingi sesuai dengan hasil penelitian pendahuluan (prelemenary research) yang telah dilakukan. Deskripsi perlu disertai data-data kuantitatif maupun kualitatif yang memadai, sehingga tergambar kondisi umum dan kondisi spesifik komunitas yang akan menjadi fokus dampingan. Proposal juga mengungkapkan tentang KERANGKA TEORI yang dipergunakan untuk melaksanakan proses pendampingan.
4. Kondisi dampingan yang diharapkan
Bagian ini menjelaskan kondisi yang diharapkan selama dan setelah proses dampingan berlangsung sebagaimana hasil penelitian pendahuluan (prelemenary research). Dengan dasar penelitian pendahuluan dan teori yang melandasinya, maka pengusul menggambarkan harapan perubahannya.
5. Strategi Aksi
Bagian ini menyebutkan sejumlah strategi yang akan dilakukan untuk mencapai kondisi yang diharapkan dan bagaimana kaitannya satu sama lain. Hal ini bisa meliputi metode, teknik, atau kegiatan, yang akan dilakukan agar strategi yang dirancang dapat berjalan.
6. Penggunaan Logical Framework
Bagian ini memuat tentanganalisis lebih tajam tentang persoalan yang dihadapi masyarakat. Sehingga dimungkinkan dapat dilakukan untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian.
7. Keterlibatan Stakeholder. Bagian ini menjelaskan tentangketerlibatanpihak-pihak yang relevan dengan isu dan fokus pengabdian yang akan dilakukan.
8. Resources yang sudah dimiliki, baik dari tim pengabdi maupun masyarakat. Bagian inimemuat tentangkapasitas tim dan lembaga pengusul untuk melakukan program ini, dan resources apa yang dimiliki untuk menjalankan program pengabdian. Besaran Biaya dan Alokasi Waktu, biaya yang dialokasikan rasional dan mampu membuat perubahan yang berarti bagi masyarakat.
9. Publikasi dalam Bentuk Buku atau Jurnal. Bagian ini memuat tentang potensi dan narasi serta gagasan yang dihasilkan dari proses pengabdian mampu dipublikasikan.
Format Halaman Sampul Pengabdian
No Registrasi:.....................
BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
(JUDUL PROPOSAL)
Oleh: (.................................) Ketua Tim (.................................) Anggota Tim (.................................) Anggota Tim
NAMA JURUSAN NAMA FAKULTAS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BATUSANGKAR 2018 |
Format Halaman Pengesahan Penelitian ....
HALAMAN PENGESAHAN
1. a. Judul Kegiatan : b. Jenis Kegiatan : 2. Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap : b. Jenis Kelamin : c. NIP : d. Bidang Ilmu : e. Pangkat/Golongan : f. Unit Kerja : g. Alamat : h. Telp : i. email : 3. Waktu Penelitian : 4. Biaya : 5. Sumber Biaya :
Menyetujui,
tanda tangan
|
Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
No |
Uraian Kegiatan |
Waktu Pelaksanaan |
1 |
Pengumuman Penerimaan Proposal |
08 s/d 25 Agustus 2018 |
2 |
Seleksi Administrasi (desk evaluation) |
08 s/d 25 Agustus 2018 |
3 |
Evaluasi Tim Reviewer |
20 s/d 29 Agustus 2018 |
4 |
Pengumuman Penerima Bantuan Dana |
7 Agustus 2017 |
5 |
Penyerahan Laporan Akhir |
Minggu pertama bulan November 2018 |
Laporan penelitian terdiri dari dua bentuk, yaitu:
1. Laporan Akademik, adalah laporan akademik adalah laporan hasil kegiatan pelaksanaan. Dalam hal ini, penerima bantuan program (grantee) menyerahkan laporan yang terdiri dari 4 (empat) bentuk, yaitu:
a. Laporan Hasil Program Lengkap, laporan penelitian yang menampilkan secara lengkap hasil kegiatan yang meliputi:
- Laporan Inti, yakni laporan akademik hasil program yang di-lay out dalam bentuk buku ukuran kertas HVS A-4, dan secara lengkap beserta lampirannya, atau;
- Laporan dalam bentuk buku. Laporan inti sebagaimana dimaksud pada huruf a di-lay out dalam bentuk buku siap dipublikasikan dengan ukuran 17 x 24 cm, dengan ukuran spasi 1,15 s.d 1,5 pt.
b. Excecutive Summary, adalah laporan yang sudah diformat dalam bentuk tulisan/artikel yang siap dikirimkan ke Jurnal. Excecutif summary tidak selalu menggambarkan proses kegiatan, namun bagian dari kegiatan dan knowledge yang dihasilkan dari proses pengabdian. Laporan jenis ini mengikuti sistematika sebagai berikut:
- Judul
- Nama penulis, alamat email dan jabatan/pekerjaan saat ini
- Abstraksi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris/Arab
- Kata kunci
- Isi tulisan, dengan sistematika: Pendahuluan, Pembahasan dan Penutup, daftar referensi
c. Laporan Outcome. Laporan yang mengatur tentang outcome program sesuai perjanjian yang disepakati, di antaranya adalah: (1) Hasil program di muat dalam majalah, jurnal nasional, atau jurnal nasional terakreditasi dan (2) Hasil program sudah diformat dalam bentuk ukuran buku dan siap dipublikasikan oleh lembaga penerbit skala nasional.
d. Laporan Penggunaan Dana. Setiap penggunaan uang Negara harus dilaporkan kepadapemberi/penyalur dana bantuan. Laporan Penggunaan Dana adalah laporan yang disusun untuk mengetahui besarnya realisasi atas pengeluaran yang dibandingkan dengan anggaran yang telah disusun. Setiap laporan keuangan harus disertai dengan bukti pendukung sesuai ketentuan pelaporan yang ditetapkan. Sebagai panduan pembantu lihat lampiran.
Batas Waktu Pelaporan
- Laporan penggunaan dana, laporan akademik atau dummy buku sudah dikirim hard copy dan soft copy kepada Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar.
- Untuk laporan diserahkan paling lambat bulan November 2018, serta laporan out come dalam bentuk artikel
Mekanisme Pelaporan
Penyerahan laporan memenuhi prosedur sebagai berikut:
- Laporan akademik terdiri dari hard copy dan soft copy. Hard copy dalam bentuk buku, artikel siap terbit, dan tulisan yang telah dipublikasikan sebanyak 2 exemplar,
- Laporan akademik dan keuangan juga disimpan dalam CD (1 buah).
- Laporan Akademik, CD dan laporan penggunaan dana bantuan diserahkan ke Pusat Pengabdian pada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar.
Sistematika Pelaporan
Sistematika laporan disesuaikan berdasarkan kategori pengabdiannya, yakni sebagai berikut:
1. Laporan Hasil Pengabdian
Cover Abstraksi Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Tujuan
D. Signifikansi
E. Sistematika Penulisan
BAB II Kerangka Konsep
A. Gambaran Umum Lokasi Pengabdian
B. Kondisi Saat ini Masyarakat Dampingan
C. Kondisi yang Diharapkan
D. Strategi Pelaksanaan
E. Kajian Teori
BAB III Pelaksanaan Pengabdian
A. Gambaran Kegiatan
B. Dinamika Keilmuan
C. Teori yang Dihasilkan dari Pendampingan Komunitas
BAB IV Diskusi Keilmuan
A. Diskusi Data
B. Follow Up
BAB V Penutup
A. Kesimpulan
B. Penutup
DAFTAR KEPUSTAKAAN
------------------
Catatan: *) Sistematika bisa menyesuaikan dengan kebutuhan **) Judul Bab bisa menyesuaikan dengan isi bahasan
2. Laporan dalam Bentuk Naskah Tulisan Artikel Jurnal
Judul Nama Penulis (tempat tugas dan email)
Abstrak (dalam bahasa Inggris/Arab dan Indonesia)
Kata Kunci (keywords)
Pendahuluan
Metode
Pembahasan
Kesimpulan
Daftar Kepustakaan
Instrumen Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Tabel Indikator Penilaian Proposal Program Bantuan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar 2018
No |
Aspek Penilaian |
Indikator Penilaian |
Hasil Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
ISU AKTUAL DAN RELEVANSI |
Fokus Pengabdian yang diangkat adalah isu aktual |
|
|
|
|
Isu dan fokus pengabdian relevan dengan basis keilmuan pengusul |
|
|
|
|
||
Memiliki Manfaat nyata bagi Masyarakat/Komunitas mitra pengabdian |
|
|
|
|
||
Isu dan Fokus Pengabdian memiliki prospek keberlanjutan (sustainability) program ALASAN |
|
|
|
|
||
2 |
ALASAN |
Gagasan yang diangkat memiliki makna yang signifikan |
|
|
|
|
Ketepatan pemilihan masyarakat dampingan sesuai isu yang diangkat |
|
|
|
|
||
Tujuan akhir program pengabdian adanya perubahan dan kesadaran |
|
|
|
|
||
Proyeksi perubahan yang terjadi memiliki pengaruh yang sangat penting bagi masyarakat/komunitas mitra pengabdian |
|
|
|
|
||
3 |
RISET TERDAHULU DAN BASIS TEORI |
Mendiskripsikan Riset-riset dahulu yang relevan |
|
|
|
|
Ketepatan teori dan riset berkenaan dengan pelaksanaan pengabdian |
|
|
|
|
||
4 |
LOGICAL FRAMEWORK DAN STRATEGI AKSI |
Kerangka kerja disusun secara logis |
|
|
|
|
Metode, teknik dan program yang disusun RELEVAN dengan tujuan akhir program pengabdian |
|
|
|
|
||
Rencana strategi aksi yang disusun STRATEGIS untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian |
|
|
|
|
||
Rencana aksi yang disusun OPERASIONAL dan dimungkinkan dapat dilakukan untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian |
|
|
|
|
||
Kegiatan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan tujuan pengabdian |
|
|
|
|
||
Pihak-pihak yang terlibat atau yang akan dilibatkan relevan dengan isu dan fokus pengabdian |
|
|
|
|
||
5 |
KETERLIBATAN STAKHOLDER |
Pihak-pihak yang terlibat atau yang akan dilibatkan relevan dengan isu dan fokus pengabdian |
|
|
|
|
Kejelasan bentuk keterlibatan sejumlah |
|
|
|
|
||
Kekuatan tim pengabdi |
|
|
|
|
||
Resources masyarakat dampingan |
|
|
|
|
||
Resourses mitra atau stakeholders |
|
|
|
|
||
6 |
KETEPATAN PENGGUNAAN BIAYA DAN ALOKASI WAKTU |
Biaya yang diusulkan rasional |
|
|
|
|
Proporsionalitas sebaran pembelanjaan anggaran (lebih dari 50% dialokasikan untuk kepentingan masyarakat/komunitas mitra dan proses pengabdian) |
|
|
|
|
||
Alokasi waktu yang disusun rasional dan diperkirakan mampu membuat perubahan yang berarti bagi masyarakat/komunitas mitra pengabdian |
|
|
|
|
||
7 |
PUBLIKASI |
Potensi dari narasi dan gagasan untuk dipublikasikan di Jurnal |
|
|
|
|
Implementasi dari Hasil Pengabdian |
|
|
|
|
||
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
BORANG MONITORING DAN EVALUASI LAPANGAN
PENELITIAN ....
Judul Penelitian | : | ............................................................................... |
............................................................................... | ||
Peneliti Utama | : | ............................................................................... |
NIK/NIP | : | ............................................................................... |
NIDN | : | ............................................................................... |
Perguruan Tinggi | : | ............................................................................... |
Waktu Pelaksanaan Penelitian | : | Tahun ke ..... dari rencana ..... tahun |
Biaya yang diusulkan ke Dikti | : | Rp .................... |
Biaya yang disetujui Dikti | : | Rp .................... |
No | Komponen Penilaian | Keterangan | Bobot (%) | Skor | Nilai | ||||
1. | Capaian penelitian | < 25% | 25 - 50% | 51 - 75% | > 75% | 25 | |||
2. | Publikasi Ilmiah | Draft | Submitted | Accepted | Published | 25 | |||
Internasional | |||||||||
Nasional terakreditasi | |||||||||
3. | Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah | Draft | Terdaftar | Sudah Dilaksanakan | 10 | ||||
Internasional | |||||||||
Nasional | |||||||||
Lokal | |||||||||
4. | Hak Kekayaan Intelektual: paten, paten sederhana, hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, desain produk industri, indikasi geografis, perlindungan varietas tanaman, perlindungan topografi sirkuit terpadu | Draft | Terdaftar | Granted | 10 | ||||
5. | Produk/Model/Prototype/Desain/ Karya seni/ Rekayasa Sosial | Draft | Produk | Penerapan | 25 | ||||
6. | Buku Ajar | Draft | Editing | Sudah terbit | 5 | ||||
Jumlah | 100 |
Komentar Pemantau:
................................................................................................................... ......................................
................................................................................................................... ......................................
Kota, tanggal-bulan-tahun | |
Penilai | |
tanda tangan | |
( Nama Lengkap ) |
Keterangan:
Skor: 1, 2, 4, 5 (1 = kurang, 2 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik)
- Capaian penelitian: Skor 5 = > 75 %, 4 = 51-75 %, 2 = 25-50 %, 1 = < 25 %.
- Publikasi ilmiah dalam jurnal internasional/nasional terakreditasi: Skor 5 = published/accepted, 4 = submitted, 2 = draft/belum ada.
- Pemakalah pada pertemuan ilmiah internasional/nasional: Skor 5 = sudah dilaksanakan/ terdaftar, 4 = draft, 2 = belum ada. Untuk pertemuan ilmiah lokal : Skor 2 = sudah dilaksanakan, 1 = submitted/draft.
- HKI: Skor 5 = granted/terdaftar, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada.
- Produk/Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial: Skor 5 = penerapan/produk, 2 = draft/belum ada.
- Buku Ajar: Skor 5 = sudah terbit/proses editing, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada
Lampiran-lampiran Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Lampiran 1. Contoh Rancangan Anggaran Biaya (RAB)
Lampiran 2. Sampul muka (cover) gabungan antara Proposal dengan identitias dan supporting documents
No Registrasi:.....................
BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
(JUDUL PROPOSAL)
Oleh:
(.................................) Ketua Tim
(.................................) Anggota Tim
(.................................) Anggota Tim
(NAMA JURUSAN)
(NAMA FAKULTAS )
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
BATUSANGKAR
2018
Lampiran 2. Sampul muka (cover) tanpa identitias dan supporting documents
No Registrasi:.....................
BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
(JUDUL PROPOSAL)
(NAMA JURUSAN)
(NAMA FAKULTAS )
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
BATUSANGKAR
2018
Lampiran 4. Check List Kelengkapan Proposal
CHECK LIST KELENGKAPAN PROPOSAL
No |
Komponen |
Iya |
Tidak |
1 |
Pengusul adalah dosen tetap IAIN Batusangkar |
|
|
2 |
Membubuhkan No. Reg pada cover proposal di bagian pojok kanan atas. |
|
|
3 |
Concept note proposal dan supporting document dijilid sebanyak 1 (satu) bebdel dengan mencantumkan judul, nama pengusul dan lembaga pengusul pada sampul depan |
|
|
4 |
Concept note proposal dijilid sebanyak1 (satu) bendel tanpa disertai supporting document dan tidak mencantumkan nama pengusul maupun lembaga pengusul pada sampul depan dan soft copy dalam format PDF. |
|
|
5 |
Masing-masing berkas dijilid dengan warna sesuai dengan tema pengabdian |
|
|
6 |
Menyertakan berbagai lampiran administrasi seperti SK, Surat Pengantar/Surat Keterangan dari pimpinan fakultas, surat pernyataan tema yang sedang dibahas adalah bukan tema bagian dari tesis/disertasi atau tidak/sedang dibiayai oleh dana lain. |
|
|
Lampiran 5. Contoh Surat Pernyataan
|
KEMENTERIAN AGAMA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BATUSANGKAR Jl. Sudirman No. 137 Kuburajo Lima Kaum Batusangkar 27213 Telp. (0752) 71150, 574221, 574222, Fax. (0752) 71879 http://www.stainbatusangkar.ac.id e-mail: syariah@stainbatusangkar.ac.id. |
SURAT PERNYATAAN Assalamu’alaikum Wr. Wb
Nama : NIP / NIDN : Jabatan : Ketua Tim Dengan ini menyatakan bahwa proposal yang diajukan dengan judul ................................................................................................................................................................................................................................................................ adalah benar proposal pengabdian tersebut belum/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi, dan belum/tidak sedang didanai oleh DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam ataupun tidak sedang didanai pihak lain. Demikian surat pernyataan ini disampiakan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Wassalam Batusangkar, ….......................... 2018 Ketua Tim
….......................................... NIP |
Lampiran-Lampiran
Tidak ada lampiran terkait "Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018"Petugas Seleksi dan Koresponden Pengabdian Masyarakat Berbasis Fakultas Tahun 2018
Nama | ||
---|---|---|
Hebby Rahmatul Utamy, S.H.I., M.Sy. | hebbymhista@gmail.com,bungbhadrika@gmail.com | |
Ismail Virgo, M.Kom | virgo6991@iainbatusangkar.ac.id |