Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Profile Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Penelitian .... diluncurkan untuk mendorong .... melakukan penelitian dalam rangka memperoleh karya ilmiah yang mungkin tidak berdampak secara ekonomi dalam jangka pendek. Hal ini merupakan perbedaan paling penting dibandingkan dengan penelitian hibah bersaing.
Penelitian .... berorientasi kepada penjelasan atau penemuan (invensi) untuk mengantisipasi suatu gejala/fenomena, kaidah, model, atau postulat baru yang mendukung suatu proses teknologi, kesehatan, pertanian, dan lain-lain dalam rangka mendukung penelitian terapan. Termasuk dalam penelitian ini adalah pencarian metode atau teori baru.
Tujuan Penelitian .... adalah:
  1. mendorong dosen melakukan penelitian dasar yang bersifat temuan sehingga memperoleh invensi, baik metode atau teori baru yang belum pernah ada sebelumnya;
  2. memperoleh modal ilmiah yang dapat mendukung perkembangan penelitian terapan; dan
  3. meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah dosen.
Luaran wajib dari Penelitian .... ini adalah publikasi dalam jurnal ilmiah terakreditasi atau jurnal ilmiah bereputasi internasional. Sedangkan luaran tambahan yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
  1. produk ipteks-sosbud (metode, blueprint , prototip, sistem, kebijakan, model, rekayasa sosial);
  2. HKI dan/atau bahan ajar.

Prosedur Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Kriteria dan persyaratan umum pengusulan Penelitian .... adalah:
  1. ketua tim peneliti adalah dosen bergelar minimum ... dengan jabatan fungsional Lektor Kepala atau dosen bergelar Doktor, sedangkan anggota tim peneliti boleh bergelar ... dengan jabatan di bawah Lektor Kepala;
  2. tim peneliti berjumlah maksimum tiga orang (satu ketua dan dua anggota) dengan tugas dan peran setiap peneliti diuraikan secara jelas dan disetujui oleh yang bersangkutan, disertai bukti tanda tangan pada setiap biodata yang dilampirkan;
  3. anggota peneliti dapat berubah pada tahun berikutnya sesuai dengan keperluan penelitian dan kompetensinya;
  4. ketua dan semua anggota tim peneliti harus memiliki track-record publikasi ilmiah yang relevan dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu;
  5. jangka waktu penelitian adalah 1-2 tahun, dengan biaya berkisar antara Rp............,- - Rp............,-,-/judul/tahun;
  6. bagi pengusul yang berstatus mahasiswa, lembaga pengusul adalah perguruan tinggi asal yang bersangkutan;
  7. tiap pengusul hanya boleh mengusulkan satu usulan pada skema dan tahun yang sama, baik sebagai ketua maupun sebagai anggota; dan
  8. usulan penelitian disimpan menjadi satu file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5 MB dan diberi nama NamaKetuaPeneliti_NamaPT_PF.pdf, kemudian diunggah ke ..... dan hardcopy dikumpulkan di perguruan tinggi masing-masing.

Usulan Penelitian .... maksimum berjumlah 15 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

  • HALAMAN SAMPUL
  •  
  • HALAMAN PENGESAHAN
  •  
  • DAFTAR ISI
  •  
  • RINGKASAN (maksimum satu halaman)
    Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.
  •  
  • BAB 1. PENDAHULUAN
    Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan yang ditargetkan (gejala atau kaidah, metode, teori, atau antisipasi) yang mempunyai kontribusi mendasar pada bidang ilmu dengan penekanan pada gagasan fundamental dan orisinil untuk mendukung pengembangan IPTEKS-SOSBUD.
  •  
  • BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
    Kemukakan state of the art dalam bidang yang diteliti, gunakan sumber pustaka acuan primer yang relevan dan terkini dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai dalam bentuk peta jalan penelitian secara utuh..
  •  
  • BAB 3. METODE PENELITIAN
    Lengkapi dengan alur penelitian dengan diagram alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan dalam 1 atau 2 tahun dalam bentuk fishbone diagram. Bagan penelitian harus dibuat secara utuh dengan pentahapan yang jelas, mulai dari awal bagaimana proses dan luarannya, dimana akan dilaksanakan, dan indikator capaian yang terukur.
  •  
  • BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN
     
    4.1 Anggaran Biaya
    Anggaran biaya yang diajukan disusun secara rinci dan dilampirkan dengan format seperti pada Lampiran 2. Ringkasan anggaran biaya yang diajukan pertahun disusun mengikuti komponen sebagaimana dalam Tabel berikut,
     
    NoJenis PengeluaranBiaya yang diusulkan (Rp)
    Tahun ITahun ...Tahun n
    1.Gaji dan upah (Maks. 30%)    
    2.Bahan habis pakai dan peralatan (30-40%)     
    3.Perjalanan (15-25%)     
    4.Lain-lain: publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan (Maks. 15%)    
        Jumlah    
     
    4.2 Jadwal Penelitian
    Jadwal penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.
  •  
  • DAFTAR PUSTAKA
    Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.
  •  
  • LAMPIRAN-LAMPIRAN
    • Lampiran 1. Justifikasi Anggaran Penelitian (Lampiran 2).
    • Lampiran 2. Dukungan sarana dan prasarana penelitian menjelaskan fasilitas yang menunjang penelitian, yaitu prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak tersedia, jelaskan bagaimana cara mengatasinya.
    • Lampiran 3. Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas (Lampiran 4).
    • Lampiran 4. Biodata ketua dan anggota (Lampiran 5).
    • Lampiran 5. Surat pernyataan ketua peneliti (Lampiran 6).
Seleksi dan evaluasi proposal Penelitian .... dilakukan dalam dua tahapan, yaitu evaluasi online dan undangan pembahasan untuk proposal yang dinyatakan lolos dalam evaluasi online. Komponen penilaian desk evaluasi proposal online dan komponen penilaian pembahasan proposal menggunakan formulir sebagaimana pada bagian Instrumen Penilaian

Format Halaman Sampul Penelitian .... (Warna Kuning)

Kode/Nama Rumpun Ilmu** : ........./.............

 

 

 

USULAN

PENELITIAN ....

 

 

 

 

Logo Perguruan Tinggi

 

 

 

 

JUDUL PENELITIAN

 

 

TIM PENGUSUL

(Nama ketua dan anggota tim, lengkap dengan gelar dan NIDN)

 

 

 

PERGURUAN TINGGI

Bulan dan Tahun

* Tulis salah satu kode dan nama rumpun ilmu mengacu pada Lampiran 1.

Format Halaman Pengesahan Penelitian ....

HALAMAN PENGESAHAN
PENELITIAN ....

Judul Penelitian : ...................................................................................................
Kode/Nama Rumpun Ilmu : ............../....................................................................................
Ketua Peneliti :  
  a. Nama Lengkap : ....................................................................................................
  b. NIDN : ....................................................................................................
  c. Jabatan Fungsional : ....................................................................................................
  d. Program Studi : ....................................................................................................
  e. Nomor HP : ....................................................................................................
  f. Alamat surel (e-mail) : ....................................................................................................
Anggota Peneliti (1) :  
  a. Nama Lengkap : ....................................................................................................
  b. NIDN : ....................................................................................................
  c. Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Anggota Peneliti (2) :  
  a. Nama Lengkap : ....................................................................................................
  b. NIDN : ....................................................................................................
  c. Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Lama Penelitian Keseluruhan : .......... tahun
Penelitian Tahun ke : ........................
Biaya Penelitian Keseluruhan : Rp ...................
Biaya Tahun Berjalan : - diusulkan ke DIKTI     Rp ...................
    - dana internal PT         Rp ...................
    - dana institusi lain        Rp ...................
    - inkind sebutkan           .......................
 
Mengetahui Kota, tanggal-bulan-tahun
Dekan/Ketua Ketua Peneliti,
   
tanda tangan tanda tangan
   
( Nama Lengkap ) ( Nama Lengkap )
NIP/NIK NIP/NIK

Menyetujui,
Ketua lembaga penelitian

 

tanda tangan

 
( Nama Lengkap )
NIP/NIK

Pelaksanaan Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Sumber dana Penelitian .... dapat berasal dari:

  1. Ditlitabmas Ditjen Dikti termasuk BOPTN; dan
  2. Internal perguruan tinggi.
Pelaksanaan Penelitian .... akan dipantau dan dievaluasi oleh penilai internal. Hasil pemantauan dan evaluasi internal dilaporkan oleh masing-masing perguruan tinggi melalui ...... Selanjutnya, penilai Ditlitabmas melakukan kunjungan lapangan (site visit) dan evaluasi terpusat terhadap pelaksanaan penelitian pada perguruan tinggi setelah menelaah hasil monitoring dan evaluasi internal yang masuk dalam ...... Hasil penilaian evaluasi terpusat diunggah ke ...... Pada akhir pelaksanaan penelitian, setiap peneliti melaporkan kegiatan hasil penelitian dalam bentuk kompilasi luaran penelitian.

Setiap peneliti wajib melaporkan pelaksanaan penelitian dengan melakukan hal-hal berikut:

  1. mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Penelitian (logbook) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian penelitian secara online di ..... ;
  2. menyiapkan bahan pemantauan oleh penilai internal melalui ..... dengan mengisi/mengunggah laporan kemajuan mengikuti format pada Lampiran 8 (format penilaian pemantauan dan evaluasi mengikuti format di bagian Instrumen Penilaian);
  3. mengunggah ke ..... softcopy laporan tahunan atau laporan akhir (Lampiran 9) yang telah disahkan lembaga penelitian dalam format pdf dengan ukuran file maksimum 5 MB, berikut softcopy luaran penelitian (publikasi ilmiah, HKI, paten, makalah yang diseminarkan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, buku ajar, dan lain-lain) atau dokumen bukti luaran;
  4. menyiapkan bahan presentasi kelayakan capaian dan usulan tahun berikutnya (format penilaian pembahasan/ kelayakan mengikuti format di bagian Instrumen Penilaian);
  5. bagi peneliti yang dinyatakan lolos dalam presentasi kelayakan, harus mengunggah proposal tahun berikutnya dengan format mengikuti proposal tahun sebelumnya; dan
  6. kompilasi luaran penelitian sesuai dengan formulir pada Lampiran 10 pada akhir pelaksanaan penelitian melalui ..... termasuk bukti luaran penelitian yang dihasilkan.

Instrumen Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

FORMULIR DESK EVALUASI PROPOSAL
PENELITIAN ....

Judul Penelitian : ...............................................................................
Bidang Penelitian : ...............................................................................
Perguruan Tinggi : ...............................................................................
Program Studi : ...............................................................................
Ketua Peneliti :  
  a. Nama Lengkap : ...............................................................................
  b. NIDN : ...............................................................................
  c. Jabatan Fungsional : ...............................................................................
Anggota Peneliti : .......... orang
Lama Penelitian Keseluruhan : .......... tahun
Biaya Penelitian Tahun ke-1 :  
  a. Diusulkan ke Dikti : Rp ....................
  b. Direkomendasikan : Rp ....................
  c. Dana dari instansi lain : Rp .................... / in kind : ......................................
 
NoKriteria Penilaian Bobot (%) SkorNilai
1. Masalah yang Diteliti:
a. Kontribusi pada Ipteks-Sosbud,
b. Tinjauan pustaka,
c. Perumusan masalah.
15   
2. Orientasi Penelitian:
a. Makna Ilmiah,
b. Orisinalitas dan kemutakhiran.
30   
3. Metode Penelitian:
a. Pola pendekatan ilmiah,
b. Kesesuaian metode.
15   
4. Luaran Penelitian:
a. Publikasi ilmiah,
b. Teori/hipotesis baru,
c. Metode baru dan informasi/desain baru.
30   
5. Kelayakan Sumberdaya:
a. Peneliti,
b. Peralatan,
c. Rencana jadwal dan rencana biaya.
10   
      Jumlah100   

Keterangan:
Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 = Baik; 7 = Sangat baik);
Nilai = Bobot x Skor

Komentar Penilai:

............................................................................................. ............................................................

............................................................................................. ............................................................

  Kota, tanggal-bulan-tahun
  Penilai,
   
  tanda tangan
   
  ( Nama Lengkap )

BORANG MONITORING DAN EVALUASI LAPANGAN
PENELITIAN ....

Judul Penelitian : ...............................................................................
    ...............................................................................
Peneliti Utama : ...............................................................................
NIK/NIP : ...............................................................................
NIDN : ...............................................................................
Perguruan Tinggi : ...............................................................................
Waktu Pelaksanaan Penelitian : Tahun ke ..... dari rencana ..... tahun
Biaya yang diusulkan ke Dikti : Rp ....................
Biaya yang disetujui Dikti : Rp ....................
 
NoKomponen Penilaian Keterangan Bobot (%) SkorNilai
1. Capaian penelitian< 25% 25 - 50% 51 - 75% > 75% 25   
2. Publikasi Ilmiah   DraftSubmitted Accepted Published25    
Internasional      
Nasional terakreditasi      
3. Sebagai pemakalah dalam pertemuan ilmiah   DraftTerdaftarSudah Dilaksanakan 10   
Internasional   
Nasional   
Lokal   
4. Hak Kekayaan Intelektual: paten, paten sederhana, hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, desain produk industri, indikasi geografis, perlindungan varietas tanaman, perlindungan topografi sirkuit terpadu DraftTerdaftar Granted10    
   
5. Produk/Model/Prototype/Desain/ Karya seni/ Rekayasa Sosial DraftProdukPenerapan 25   
   
6. Buku Ajar DraftEditingSudah terbit 5   
   
Jumlah 100   

Komentar Pemantau:

................................................................................................................... ......................................

................................................................................................................... ......................................

  Kota, tanggal-bulan-tahun
  Penilai
   
  tanda tangan
   
  ( Nama Lengkap )

Keterangan:

Skor: 1, 2, 4, 5 (1 = kurang, 2 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik)

  1. Capaian penelitian: Skor 5 = > 75 %, 4 = 51-75 %, 2 = 25-50 %, 1 = < 25 %.
  2. Publikasi ilmiah dalam jurnal internasional/nasional terakreditasi: Skor 5 = published/accepted, 4 = submitted, 2 = draft/belum ada.
  3. Pemakalah pada pertemuan ilmiah internasional/nasional: Skor 5 = sudah dilaksanakan/ terdaftar, 4 = draft, 2 = belum ada. Untuk pertemuan ilmiah lokal : Skor 2 = sudah dilaksanakan, 1 = submitted/draft.
  4. HKI: Skor 5 = granted/terdaftar, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada.
  5. Produk/Model/Prototype/Desain/Karya seni/ Rekayasa Sosial: Skor 5 = penerapan/produk, 2 = draft/belum ada.
  6. Buku Ajar: Skor 5 = sudah terbit/proses editing, 4 = draft, 2 = belum/tidak ada

Lampiran-lampiran Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Format Justifikasi Anggaran

1. Honor
PelaksanaHonor/jam (Rp) Waktu (jam/minggu)Minggu Honor per tahun (Rp)
Thn IThn ...Thn n
 Ketua      
 Anggota 1      
 Anggota 2      
 Anggota n      
Sub total (Rp)   
2. Peralatan penunjang
MaterialJustifikasi Pemakaian KuantitasHarga Satuan (Rp) Harga Peralatan Penunjang (Rp)
Thn IThn ...Thn n
 Peralatan penunjang 1      
 Peralatan penunjang 2      
 .....       
 Peralatan penunjang n      
Sub total (Rp)   
3. Bahan Habis Pakai
MaterialJustifikasi Pemakaian KuantitasHarga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp)
Thn IThn ...Thn n
 Material 1      
 Material 2      
 .....       
 Material n      
Sub total (Rp)   
4. Perjalanan
PerjalananJustifikasi Perjalanan KuantitasHarga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp)
Thn IThn ...Thn n
 Perjalanan ke kota A      
 Perjalanan ke kota B      
 .....       
 Perjalanan ke kota ke-n      
Sub total (Rp)   
5. Lain-lain
KegiatanJustifikasi KuantitasHarga Satuan (Rp) Biaya per Tahun (Rp)
Thn IThn ...Thn n
 Lain-lain (administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan)      
 Perjalanan ke kota B      
 .....       
 Perjalanan ke kota ke-n      
Sub total (Rp)   
TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SETIAP TAHUN (Rp) Thn IThn ...Thn n
   
TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SELURUH TAHUN (Rp)  
 

Format Jadwal Kegiatan

NoJenis Kegiatan Tahun ITahun ... Tahun n
123......12 123......12 123......12
1 Kegiatan 1                     
2 Kegiatan 2                     
3 Kegiatan 3                     
... ..........                     
... ..........                     
n Kegiatan n                     
 

Format Susunan Organisasi Tim

Format Susunan Organisasi Tim Peneliti/Pelaksana dan Pembagian Tugas

NoNama / NIDNInstansi Asal Bidang Ilmu Alokasi Waktu (jam/minggu) Uraian Tugas
1.     
2.     
...     
...     
n     

Format Biodata

Format Biodata Ketua/Anggota Tim Peneliti/Pelaksana

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap (dengan gelar) 
2 Jenis Kelamin L/P
3 Jabatan Fungsional 
4 NIP/NIK/Identitas lainnya 
5 NIDN 
6 Tempat, Tanggal Lahir 
7 E-mail 
8 Nomor Telepon/HP 
9 Alamat Kantor 
10 Nomor Telepon/Faks 
11 Lulusan yang Telah Dihasilkan S-1 = ... orang; S-2 = ... orang; S-3 = ... orang
12 Nomor Telepon/Faks 
13 Mata Kuliah yang Diampu 1
 2
 3
 dst

B. Riwayat Pendidikan

  S-1S-2S-3
 Nama Perguruan Tinggi   
 Bidang Ilmu   
 Tahun Masuk-Lulus   
 Judul Skripsi/Tesis/Disertasi   
 Nama Pembimbing/Promotor   

C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir
    (Bukan Skripsi, Tesis, maupun Disertasi)

No.Tahun Judul PenelitianPendanaan
Sumber*Jml (Juta Rp)
1    
2    
3    
dst    

* Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema penelitian DIKTI maupun dari sumber lainnya.

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir

No.Tahun Judul Pengabdian Kepada MasyarakatPendanaan
Sumber*Jml (Juta Rp)
1    
2    
3    
dst    

* Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema pengabdian kepada masyarakat DIKTI maupun dari sumber lainnya.

E. Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir

No.Judul Artikel Ilmiah Nama JurnalVolume/Nomor/Tahun
1   
2   
3   
dst   

F. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

No.Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar Judul Artikel IlmiahWaktu dan Tempat
1   
2   
3   
dst   

G. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

No.Judul Buku TahunJumlah Halaman Penerbit
1    
2    
3    
dst    

H. Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir

No.Judul/Tema HKI TahunJenis Nomor P/ID
1    
2    
3    
dst    

I. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 5 Tahun Terakhir

No.Judul/Tema/Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang Telah Diterapkan TahunTempat Penerapan Respon Masyarakat
1    
2    
3    
dst    

J. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)

No.Jenis Penghargaan Institusi Pemberi PenghargaanTahun
1   
2   
3   
dst   

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah .....................................................

  Kota, tanggal-bulan-tahun
  Pengusul,
   
  tanda tangan
   
  ( Nama Lengkap )

Format Surat Pernyataan Ketua Peneliti/Pelaksana

 

KOP PERGURUAN TINGGI


 

SURAT PERNYATAAN KETUA PELITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ..................................................................
NIDN : ..................................................................
Pangkat / Golongan : ..................................................................
Jabatan Fungsional : ..................................................................

Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul:

........................................................................................................ ..........................................

........................................................................................................ ..........................................

yang diusulkan dalam skema .....(tulis skema) ...... untuk tahun anggaran ................ bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

  Kota, tanggal-bulan-tahun
Mengetahui Yang menyatakan,
Ketua Lembaga,  
  meterai Rp6000
Cap dan tanda tangan tanda tangan
   
( Nama Lengkap ) ( Nama Lengkap )
NIP/NIK NIP/NIK

Format Catatan Harian (Logbook)

NoTanggalKegiatan
1. .../.../...  Catatan: ......................................................................................................
 
 Dokumen Pendukung: [...] [...] [...] [...] [...] [...]
2. .../.../...  Catatan: ......................................................................................................
 
 Dokumen Pendukung: [...] [...] [...] [...] [...] [...]
3. .../.../...  Catatan: ......................................................................................................
 
 Dokumen Pendukung: [...] [...] [...] [...] [...] [...]
dst.dst.dan seterusnya...
   
   
   

Keterangan: hasil yang dicapai pada setiap kegiatan (foto, grafik, tabel, catatan, dokumen, data dan sebagainya) dilampirkan (diunggah).

Format Laporan Kemajuan

a. Sampul Muka Laporan Kemajuan Hibah Penelitian/Pengabdian

 

 

 

LAPORAN KEMAJUAN

.......................................................*

 

 

 

 

Logo Perguruan Tinggi

 

 

 

 

JUDUL

 

Tahun ke ........ dari rencana ....... tahun

 

 

Ketua Tim Peneliti

(Nama lengkap dan NIDN)

 

 

 

PERGURUAN TINGGI PENGUSUL

Bulan dan Tahun

* Tulis skema penelitian/pengabdian.
Warna sampul sama dengan warna sampul proposal masing-masing skema.

 

b. Format Halaman Pengesahan Laporan Kemajuan

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Penelitian : ...................................................................................................
Peneliti / Pelaksana :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Jabatan Fungsional : ....................................................................................................
  Program Studi : ....................................................................................................
  Nomor HP : ....................................................................................................
  Alamat surel (e-mail) : ....................................................................................................
Anggota (1) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Anggota(2) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Anggota (ke-n) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Institusi Mitra (jika ada) :  
  Nama Institusi Mitra : ....................................................................................................
  Alamat : ....................................................................................................
  Penanggung Jawab : ....................................................................................................
Tahun Pelaksanaan : Tahun ke ........ dari rencana ....... tahun
Biaya Tahun Berjalan : Rp ...................
Biaya Keseluruhan : Rp ...................
 
Mengetahui Kota, tanggal-bulan-tahun
Ketua Lembaga penelitian/pengabdian* Ketua Peneliti,
   
tanda tangan tanda tangan
   
( Nama Lengkap ) ( Nama Lengkap )
NIP/NIK NIP/NIK

* Disesuaikan dengan nama lembaga penelitian dan atau pengabdian kepada masyarakat di PT

 

c. Sistematika Laporan Kemajuan

Laporan Kemajuan Penelitian Laporan Kemajuan Pengabdian
HALAMAN SAMPUL HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN HALAMAN PENGESAHAN
RINGKASAN RINGKASAN
PRAKATA PRAKATA
DAFTAR ISI DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN DAFTAR LAMPIRAN
BAB 1. PENDAHULUAN BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 2. TARGET DAN LUARAN
BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN BAB 3. METODE PELAKSANAAN
BAB 4. METODE PENELITIAN BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI
BAB 5. HASIL YANG DICAPAI BAB 5. HASIL YANG DICAPAI
BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA
BAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN BAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
  • Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint), jika ada.
  • Produk penelitian
LAMPIRAN
  • Artikel ilmiah (draft, bukti status submission atau reprint), jika ada.
  • Produk pengabdian

Format Laporan Tahunan/Akhir

a. Sampul Muka Laporan Tahunan/Akhir Hibah Penelitian/Pengabdian

 

 

LAPORAN TAHUNAN/AKHIR*

.......................................................**

 

 

 

Logo Perguruan Tinggi

 

 

 

JUDUL

 

Tahun ke ........ dari rencana ....... tahun

 

 

Ketua Tim Peneliti

(Nama lengkap dan NIDN)

 

 

 

PERGURUAN TINGGI PENGUSUL

Bulan dan Tahun

* Pilih salah satu yang sesuai.

** Tulis skema penelitian/pengabdian.
Warna sampul sama dengan warna sampul proposal masing-masing skema.

 

b. Format Halaman Pengesahan Laporan Tahunan/Akhir

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Penelitian : ...................................................................................................
Peneliti / Pelaksana :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Jabatan Fungsional : ....................................................................................................
  Program Studi : ....................................................................................................
  Nomor HP : ....................................................................................................
  Alamat surel (e-mail) : ....................................................................................................
Anggota (1) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Anggota(2) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Anggota (ke-n) :  
  Nama Lengkap : ....................................................................................................
  NIDN : ....................................................................................................
  Perguruan Tinggi : ....................................................................................................
Institusi Mitra (jika ada) :  
  Nama Institusi Mitra : ....................................................................................................
  Alamat : ....................................................................................................
  Penanggung Jawab : ....................................................................................................
Tahun Pelaksanaan : Tahun ke ........ dari rencana ....... tahun
Biaya Tahun Berjalan : Rp ...................
Biaya Keseluruhan : Rp ...................
 
Mengetahui Kota, tanggal-bulan-tahun
Dekan/Ketua Ketua Peneliti/Pelaksana,
   
tanda tangan tanda tangan
   
( Nama Lengkap ) ( Nama Lengkap )
NIP/NIK NIP/NIK

Menyetujui,
Ketua lembaga penelitian/pengabdian*

 

tanda tangan

 
( Nama Lengkap )
NIP/NIK

* Disesuaikan dengan nama lembaga penelitian dan atau pengabdian kepada masyarakat di PT

 

c. Sistematika Laporan Tahunan/Akhir

Laporan Tahunan/Akhir Penelitian Laporan Tahunan/Akhir Pengabdian
HALAMAN SAMPUL HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN HALAMAN PENGESAHAN
RINGKASAN RINGKASAN
PRAKATA PRAKATA
DAFTAR ISI DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN DAFTAR LAMPIRAN
BAB 1. PENDAHULUAN BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA BAB 2. TARGET DAN LUARAN
BAB 3. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN BAB 3. METODE PELAKSANAAN
BAB 4. METODE PENELITIAN BAB 4. KELAYAKAN PERGURUAN TINGGI
BAB 5. HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 5. HASIL DAN PEMBAHASAN
BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA (untuk laporan tahunan) BAB 6. RENCANA TAHAPAN BERIKUTNYA (untuk laporan tahunan)
BAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN BAB 7. KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
  • instrumen
  • personalia tenaga peneliti beserta kualifikasinya
  • HKI dan publikasi
LAMPIRAN
  • instrumen
  • personalia tenaga peneliti beserta kualifikasinya
  • HKI dan publikasi (jika disyaratkan)

Formulir Evaluasi Atas Capaian Luaran

FORMULIR EVALUASI ATAS CAPAIAN LUARAN KEGIATAN

 Ketua:................................................................
 Perguruan Tinggi:................................................................
 Judul:................................................................
 Waktu Kegiatan:tahun ke ......... dari rencana ......... tahun

Luaran yang direncanakan dan capaian tertulis dalam proposal awal:

No Luaran yang Direncanakan Capaian
1. ........................ ........................
2. ........................ ........................
3. ........................ ........................
dst. ........................ ........................

CAPAIAN (Lampirkan bukti-bukti luaran dari kegiatan dengan judul yang tertulis di atas, bukan dari kegiatan penelitian/pengabdian dengan judul lain sebelumnya)

1. PUBLIKASI ILMIAH

  Keterangan
 Artikel Jurnal Ke-1* 
 Nama jurnal yang dituju : 
 Klasifikasi jurnal: Jurnal Nasional Terkareditasi/Jurnal Internasional
 Impact factor jurnal : 
 Judul artikel : 
 Status naskah (beri tanda v) : 
 - Draf artikel : 
 - Sudah dikirim ke jurnal : 
 - Sedang ditelaah : 
 - Sedang direvisi : 
 - Sudah diterima : 
 - Sudah terbit : 

* Jika masih ada artikel ke-2 dan seterusnya, uraikan pada lembar tambahan.

2. BUKU AJAR

Buku ke-1
Judul: 
Penulis: 
Penerbit: 

Jika masih ada buku ke-2 dan seterusnya, uraikan pada lembar tambahan.

3. PEMBICARA PADA PERTEMUAN ILMIAH (SEMINAR/SIMPOSIUM)

  Nasional Internasional
 Judul Makalah  
 Nama Pertemuan Ilmiah  
 Tempat Pelaksanaan  
 Waktu Pelaksanaan  
 - Draf makalah  
 - Sudah dikirim  
 - Sedang direview  
 - Sudah dilaksanakan  

Jika masih ada pertemuan ilmiah ke 2 dan seterusnya uraikan pada lembar tambahan.

4. SEBAGAI PEMBICARA KUNCI (KEYNOTE SPEAKER)

  Nasional Internasional
 Bukti Undangan dari Panitia  
 Judul Makalah  
 Penulis  
 Penyelenggara  
 Tempat Pelaksanaan  
 Waktu Pelaksanaan  
 - Draf makalah  
 - Sudah dikirim  
 - Sedang direview  
 - Sudah dilaksanakan  

Jika masih ada undangan ke 2 dan seterusnya uraikan pada lembar tambahan.

5. UNDANGAN SEBAGAI VISITING SCIENTIST PADA PERGURUAN TINGGI LAIN

  Nasional Internasional
 Bukti undangan  
 Perguruan tinggi pengundang  
 Lama kegiatan  
 Kegiatan penting yang dilakukan  

Jika masih ada undangan ke 2 dan seterusnya uraikan pada lembar tambahan.

6. CAPAIAN LUARAN LAINNYA

 HKI (Uraikan status kemajuan mulai dari pengajuan sampai "granted")
 TEKNOLOGI TEPAT GUNA (Uraikan siapa masyarakat pengguna teknologi yang dimaksud)
 REKAYASA SOSIAL (Uraikan kebijakan publik yang sedang atau sudah dapat diubah)
 JEJARING KERJA SAMA (Uraikan kapan jejaring dibentuk dan kegiatannya sampai saat ini, baik antar peneliti maupun antar lembaga)
 PENGHARGAAN (Uraikan penghargaan yang diterima sebagai peneliti, baik dari pemerintah atau asosiasi profesi)
 LAINNYA  (Tuliskan)

Jika luaran yang direncanakan tidak tercapai, uraikan alasannya:

.......................................................................................................... ...............................................

.......................................................................................................... ...............................................

.......................................................................................................... ...............................................

  Kota, tanggal-bulan-tahun
  Ketua,
   
  tanda tangan
   
  ( Nama Lengkap )
Lampiran-Lampiran
Tidak ada lampiran terkait "Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020"
Petugas Seleksi dan Koresponden Penelitian yang tidak dipublikasikan - International Funding- Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020
Nama Email
Ismail Virgo, M.Kom Ismail Virgo, M.Kom virgo6991@iainbatusangkar.ac.id